PonorogoUpaya Pencegahan Penyakit Rabies, Perkumpulan Dokter Hewan Gelar Vaksinasi Gratis di Ponorogo

Upaya Pencegahan Penyakit Rabies, Perkumpulan Dokter Hewan Gelar Vaksinasi Gratis di Ponorogo

Date:

Ponorogo – Upaya pencegahan penyakit rabies di Kabupaten Ponorogo terus ditingkatkan oleh Perkumpulan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jatim 5. Mereka telah mengambil langkah konkret dengan menggelar vaksinasi rabies secara gratis bagi warga Ponorogo yang memiliki binatang peliharaan, seperti anjing dan kucing.

Kegiatan vaksinasi ini berlangsung di salah satu ruko di Kawasan Niaga Okas, tepatnya di Jalan Sultan Agung.

Animo Masyarakat yang sadar akan kesehatan binatang peliharaan mereka sangat tinggi dalam kegiatan ini. Sebanyak 130 kucing dan 20 anjing telah menjalani vaksinasi rabies dengan dukungan penuh dari pemiliknya.

Ketua PDHI Jatim 5 Kabupaten Ponorogo, Dokter Hewan Yuke, menjelaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memperingati Hari World Rabies Day yang jatuh pada tanggal 24 September lalu.

Yuke menekankan bahwa pihaknya telah menerima 100 dosis vaksin rabies dan 70 dosis hasil donasi dari perkumpulan dokter hewan, yang nantinya akan disuntikkan ke kucing dan anjing milik warga Ponorogo secara gratis.

Yuke, Minggu (15/10/23) mengatakan bahwa para dokter hewan berkolaborasi dengan beberapa sponsor dan melakukan patungan untuk mendapatkan tambahan dosis vaksin rabies. Sehingga, total pihaknya memiliki 170 dosis vaksin rabies untuk dibagikan kepada masyarakat.

Meskipun kasus rabies tidak tercatat di Ponorogo, namun Kabupaten Ponorogo berbatasan dengan Jawa Tengah, sehingga PDHI Jatim 5 ingin mengambil langkah antisipatif dengan melaksanakan vaksinasi gratis untuk mencegah penyebaran penyakit ini.

Kegiatan ini merupakan bukti konkret dari kerja sama yang kuat antara masyarakat, dokter hewan, dan pihak sponsor dalam menjaga kesehatan binatang peliharaan dan melindungi warga dari potensi penyakit rabies. (Nh/suaraponorogo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 2 =

Share post:

Artikel Menarik

Artikel Terkait
Related

Warga Temon Sawoo Berjuang untuk Akses Air Bersih di Musim Kemarau

Ponorogo - Kondisi di kawasan Jalan Bayang Kaki, Desa Temon,...

Operasi Zebra Semeru 2024 di Ponorogo, Pengendara Tertib Dapat Reward

Ponorogo - Satlantas Polres Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk...

Kemenag Pastikan Tidak Ada Larangan Pernikahan di Hari Libur: Penghulu Siap Layani di Lokasi Pilihan

Ponorogo - Kementerian Agama (Kemenag) mengklarifikasi bahwa tidak ada...

MTSN 2 Ponorogo Sabet Prestasi di Kejuaraan Lomba PBB Tingkat SMP Sederajat

Ponorogo - Pada Upacara peringatan HUT TNI ke-79 yang...