PonorogoHulu Waduk Bendo Ponorogo Alami Kekeringan Makam-makam Warga Dukuh Krajan Bermunculan

Hulu Waduk Bendo Ponorogo Alami Kekeringan Makam-makam Warga Dukuh Krajan Bermunculan

Date:

Ponorogo – Di musim kemarau panjang saat ini, Hulu Waduk Bendo berubah menjadi kering, dampak dari kekeringan Waduk Bendo tersebut, nampak benda-benda yang dulunya tenggelam sekarang bermunculan bahkan terdapat sebuah komplek bekas kuburan yang mulai terlihat.

Sejak diresmikan, kawasan ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan serta banyaknya warung-warung berdiri. Namun kini, warung-warung tersebut ditinggalkan dan dibiarkan terbengkalai. Hulu Waduk Bendo yang berlokasi di Desa Ngadirejo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, tampak sepi akibat kekeringan, diketahui air yang ada di Hulu Waduk Bendo tersebut sudah sejak satu bulan lamanya mengalami kekeringan.

Informasi dari warga sekitar, jika nanti di musim penghujan kawasan ini akan tertutup kembali oleh genangan air Waduk Bendo. Tampak saat ini terlihat dasar sungai Keyang yang masih tetap mengalir sebagai pemasok air Waduk Bendo yang berhulu di Gunung Wilis.

Sejak dialih fungsi menjadi sebuah bendungan, kawasan ini sebelumnya merupakan area persawahan warga yang dialiri sungai Keyang. Kawasan ini pun sudah lama dikenal sebagai kawasan orang pemancing ikan. Di saat dijadikan sebuah bendungan, masyarakat sekitar memilih beralih menjadi pencari ikan dan juga rumput bahkan menjadi pedagang di kawasan bendungan.

Dibatas ujung permukaan yang mengering dengan permukaan yang masih digenangi air nampak beberapa perahu-perahu kecil bersandar milik warga Dukuh Krajan yang biasanya digunakan warga sebagai aktivitas memancing dan juga angkutan untuk mencari rumput.

Waduk Bendo yang mengalami penyusutan sangat drastis, benda-benda yang dulunya tenggelam nampak bermunculan pohon-pohon kering serta terdapat sebuah komplek bekas kuburan warga Dukuh Krajan.

Berdasarkan informasi warga Dukuh Krajan, jasad-jasad yang ada di kuburan itu sebagian besar sudah dipindahkan.(Zm\Insiden24)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four − two =

Share post:

Artikel Menarik

Artikel Terkait
Related

Warga Temon Sawoo Berjuang untuk Akses Air Bersih di Musim Kemarau

Ponorogo - Kondisi di kawasan Jalan Bayang Kaki, Desa Temon,...

Operasi Zebra Semeru 2024 di Ponorogo, Pengendara Tertib Dapat Reward

Ponorogo - Satlantas Polres Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk...

Kemenag Pastikan Tidak Ada Larangan Pernikahan di Hari Libur: Penghulu Siap Layani di Lokasi Pilihan

Ponorogo - Kementerian Agama (Kemenag) mengklarifikasi bahwa tidak ada...

MTSN 2 Ponorogo Sabet Prestasi di Kejuaraan Lomba PBB Tingkat SMP Sederajat

Ponorogo - Pada Upacara peringatan HUT TNI ke-79 yang...