Madiunpecahkan rekor muri warga tambakmas buat 455 gunungan manco

pecahkan rekor muri warga tambakmas buat 455 gunungan manco

Date:

Radio Songgolangit – 13.34

Madiun – Siapa yang tidak mengenal kue manco? Kudapan khas buatan warga Desa Tambakmas, Kecamatan Kebonsari ini sudah dikenal sebagai oleh-oleh asli Kabupaten Madiun. Setiap tahunnya, warga desa setempat menggelar Festival Manco Madiun untuk menandai keberadaan kue yang sudah dipatenkan sejak lama melalui kementrian hukum dan ham. (kemenkumham).

Warga Tambakmas membuat 50 ribu kue manco yang disusun menjadi 455 tumpeng atau gunungan yang sesuai dengan usia Kabupaten Madiun. Lalu, gunungan tersebut dikirab keliling desa sejak Sabtu (2/9) lalu.

kepala desa Tambakmas Sugeng Wibowo mengatakan, Festival Manco 2023 ini beda,karena kuenya kami kirab dan bruncah di tempat,pada minggu (3/9) lalu.

Bupati Madiun H Ahmad Dawami mengatakan, melalui rekor MURI tersebut kue manco akan lebih dikenal oleh masyarakat luas. Yakni sebagai makanan khas Kabupaten Madiun. Dirinya mengajak seluruh masyarakat Madiun untuk selalu menjaga kerukunan dan mempertahankan kue manco tersebut.

Selepas tercatat dalam Muri, gunungan manco pun  di bruncah. Ratusan warga berebut kue manco. Mereka bersama-sama menikmati sajian kue yang dipenuhi dengan wijen dengan rasa manis yang legit.

sri winarti salah seorang peserta festival manco mengatakan bahwa gunungan manco ini dibuat oleh seluruh masyarakat tambakmas tidak terkecuali karena memang sentranya manco di sini.(Gm/Radarmadiun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 + nine =

Share post:

Artikel Menarik

Artikel Terkait
Related

Warga Temon Sawoo Berjuang untuk Akses Air Bersih di Musim Kemarau

Ponorogo - Kondisi di kawasan Jalan Bayang Kaki, Desa Temon,...

Operasi Zebra Semeru 2024 di Ponorogo, Pengendara Tertib Dapat Reward

Ponorogo - Satlantas Polres Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk...

Kemenag Pastikan Tidak Ada Larangan Pernikahan di Hari Libur: Penghulu Siap Layani di Lokasi Pilihan

Ponorogo - Kementerian Agama (Kemenag) mengklarifikasi bahwa tidak ada...

MTSN 2 Ponorogo Sabet Prestasi di Kejuaraan Lomba PBB Tingkat SMP Sederajat

Ponorogo - Pada Upacara peringatan HUT TNI ke-79 yang...