MadiunFestival Jamu Gendong Diikuti 1.300 Warga Madiun

Festival Jamu Gendong Diikuti 1.300 Warga Madiun

Date:

Madiun – Festival Jamu Gendong Nusantara di Kota Madiun berlangsung meriah, Sabtu (4/11). Festival yang berlangsung di Pahlawan Street Center (PSC) tersebut setidaknya diikuti 1.300 peserta. Mereka terdiri dari penjual jamu dan anggota PKK di sejumlah kelurahan. Hadirnya seribu lebih peserta itu dipastikan bakal memecahkan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Ketua Koperasi UMKM Indonesia, Imlayudin mengatakan, 10 tahun yang lalu di Semarang pernah dicatatkan rekor sebanyak 1.058 penjual jamu gendong. Hari ini di Kota Madiun ada 1.300 peserta. Artinya, rekor sebelumnya sudah terlewati.
 
Kegiatan tersebut memang hasil kerja bareng Koperasi UMKM Indonesia dengan Pemerintah Kota Madiun serta MURI. Penghitungan pun dilakukan. Piagam MURI akan diberikan setekah proses verifikasi selesai. Imlayudin menyebut festival jamu gendong sengaja dicatatkan pada MURI sebagai bentuk apresiasi para penggiat jamu di Kota Pendekar. Selain itu, festival merupakan salah satu upaya untuk melestarikan dan mempromosikan jamu seperti jamu beras kencur, kunir asem, dan lain sebagainya. Dan seperti diketahui jamu merupakan warisan budaya. Namun, kata jamu saat ini tergerus dengan kata herbal yang notabenenya merupakan kata serapan.
 
Dipilihnya Kota Madiun sebagai lokasi pemecahan rekor MURI bukan tanpa alasan. Dia menyebut sudah mengemuka nama sejumlah daerah sebelumnya. Pilihan kemudian jatuh ke Kota Madiun salah satunya karena banyaknya pegiat jamu dan dukungan pemerintah daerah setempat.
 
Imlayudin menambahkan, sebelumnya pihaknya melihat Solo dan daerah-daerah di Jawa Tengah. Tetapi setelah melihat Kota Madiun, ternyata ada banyak pegiat jamu. Salah satunya, paguyupan rempah rimpah pimpinan ibu Mega. Selain itu, Pemerintah Kotanya juga mendukung sekali. (Nh/madiuntoday)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

six − 1 =

Share post:

Artikel Menarik

Artikel Terkait
Related

Warga Temon Sawoo Berjuang untuk Akses Air Bersih di Musim Kemarau

Ponorogo - Kondisi di kawasan Jalan Bayang Kaki, Desa Temon,...

Operasi Zebra Semeru 2024 di Ponorogo, Pengendara Tertib Dapat Reward

Ponorogo - Satlantas Polres Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk...

Kemenag Pastikan Tidak Ada Larangan Pernikahan di Hari Libur: Penghulu Siap Layani di Lokasi Pilihan

Ponorogo - Kementerian Agama (Kemenag) mengklarifikasi bahwa tidak ada...

MTSN 2 Ponorogo Sabet Prestasi di Kejuaraan Lomba PBB Tingkat SMP Sederajat

Ponorogo - Pada Upacara peringatan HUT TNI ke-79 yang...