PonorogoPenipuan Paket Melalui Sistem Cash on Delivery (COD)

Penipuan Paket Melalui Sistem Cash on Delivery (COD)

Date:

Ponorogo – Kasus penipuan paket dengan sistem Cash on Delivery (COD) kembali terjadi di wilayah ponorogo. Korbannya kali ini adalah salah satu pengusaha muda asal Ponorogo yang bernama Mohaim.

Saat dikonfirmasi oleh Radio Songgolangit mengenai kronologis kejadiaanya, Mohaim mengaku jika pada Jumat pagi (27/9) ia mendapat kiriman paket dari kurir, karena ia tidak berada di rumah, paket tersebut diterima dan dibayar oleh karyawannya.

Merasa tidak memesan barang melalaui E-commerce atau toko online, Mohaim pun berupaya menanyakan kepada petugas atau kurir. Namun sayang, dalam data paket tersebut tidak disebutkan jenis isi paket dan alamat toko yang jelas.

Setelah dibuka, ia mengaku jika isi paket tersebut berupa cotton bud yang harganya hanya berkisar 5000an saja, berbanding terbalik dengan harga paket yang harus ia bayar senilai ratusan ribu rupiah.

Setelah dikonsultasikan dengan kurir dan ekspedisi, kasus penipuan seperti ini sedang marak terjadi yang kerap dilakukan oleh oknum Toko Online “Nakal”. mereka kerap memanfaatkan data pribadi korbannya untuk melakukan pemesanan fiktif.

Kurir menyarankan jika merasa tidak memesan paket dengan sistem COD lebih baik ditolak, selain itu kurir juga menghimbau jika memesan paket dengan sistem COD, agar memberi tahu keluarga dirumah mengenai jenis paket dan harga paket, dan alangkah baiknya menghindari pemesanan paket dengan sistem COD.

Mohaim pun berpesan agar lebih berhati-hati dalam bermedia sosial, terlebih saat membagikan alamat ataupun nomer telepon pada orang yang tidak dikenal dan selalu berhati-hati dalam transaksi online dan memastikan bahwa data pribadi aman dari pihak yang tidak bertanggung jawab. (Dn/Tim Jurnalis Songgolangit FM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × five =

Share post:

Artikel Menarik

Artikel Terkait
Related

Operasi Zebra Semeru 2024 di Ponorogo, Pengendara Tertib Dapat Reward

Ponorogo - Satlantas Polres Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk...

Kemenag Pastikan Tidak Ada Larangan Pernikahan di Hari Libur: Penghulu Siap Layani di Lokasi Pilihan

Ponorogo - Kementerian Agama (Kemenag) mengklarifikasi bahwa tidak ada...

MTSN 2 Ponorogo Sabet Prestasi di Kejuaraan Lomba PBB Tingkat SMP Sederajat

Ponorogo - Pada Upacara peringatan HUT TNI ke-79 yang...

Penipuan Mengatasnamakan Pengobatan Ida Dayak

Ponorogo - Ramai menjadi perbincangan warganet di Ponorogo bawasanya...