PonorogoPemkab Ponorogo Hibahkan Rp64,4 M untuk Pilkada 2024

Pemkab Ponorogo Hibahkan Rp64,4 M untuk Pilkada 2024

Date:

Ponorogo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo menghibahkan dana sebesar Rp64,4 miliar untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Dana sebanyak itu dihibahkan kepada 2 institusi penyelenggara pemilu, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ponorogo.

Dengan rincian, KPU Ponorogo sebesar Rp50 miliar dan sisanya untuk Bawaslu Ponorogo sebesar Rp14, 4 miliar. Dana tersebut resmi dihibahkan setelah Bupati Ponorogo menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pilkada 2024 bersama dengan KPU dan Bawaslu Ponorogo pada hari Jumat (10/11/2023) lalu di Rumah Dinas Pringgitan.

Dana penyelenggaraan Pilkada sebesar Rp64,4 miliar itu dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Ponorogo. Dengan rincian 40 persen dari APBD 2023 dan 60 persen dari APBD 2024. Bupati Sugiri berharap, dengan dana hibah ini, bisa digunakan untuk sebaik mungkin, baik untuk KPU dan Bawaslu. Sehingga nantinya bisa digunakan optimal untuk meningkatkan kualitas Pilkada.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengatakan, penyelenggaraan Pilkada tahun depan, diharapkan dapat menjadi alat perbaikan generasi ke depan dengan meningkatkan kualitas proses pemilihan. Dia menekankan bahwa dana sebesar puluhan miliar yang dialokasikan itu, tidak termasuk dalam penanganan Covid-19. Sebab virus Covid-19 yang saat ini sudah mereda dan tidak lagi berstatus pandemi, namun sudah endemi. (Yi/BeritaJatim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

11 + 5 =

Share post:

Artikel Menarik

Artikel Terkait
Related

Operasi Zebra Semeru 2024 di Ponorogo, Pengendara Tertib Dapat Reward

Ponorogo - Satlantas Polres Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk...

Kemenag Pastikan Tidak Ada Larangan Pernikahan di Hari Libur: Penghulu Siap Layani di Lokasi Pilihan

Ponorogo - Kementerian Agama (Kemenag) mengklarifikasi bahwa tidak ada...

MTSN 2 Ponorogo Sabet Prestasi di Kejuaraan Lomba PBB Tingkat SMP Sederajat

Ponorogo - Pada Upacara peringatan HUT TNI ke-79 yang...

Penipuan Mengatasnamakan Pengobatan Ida Dayak

Ponorogo - Ramai menjadi perbincangan warganet di Ponorogo bawasanya...