PonorogoJadi Kota Kreatif, Ponorogo Dapat Bantuan Rp1,4 Miliar

Jadi Kota Kreatif, Ponorogo Dapat Bantuan Rp1,4 Miliar

Date:

Ponorogo – Tahun 2022 lalu, Kabupaten Ponorogo terpilih menjadi kota kreatif Indonesia. Atas prestasinya itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan bantuan senilai Rp1,4 miliar untuk terus mengembangkan usaha ekonomi kreatif (ekraf) di Bumi Reog. Sebab, Kabupaten Ponorogo dinilai memiliki potensi, mulai dari kriya, fashion, kuliner dan seni pertunjukan.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi mengatakan atas penobatan Ponorogo menjadi kota kreatif Indonesia, dapat bantuan apresiasi dari Kemenparekraf senilai 1,4 miliar rupiah.

Dengan bantuan apresiasi itu, diharapkan potensi dan kegiatan ekonomi kreatif di Ponorogo tidak mengalami kefakuman. Sehingga dengan dana itu, bisa memicu dan memacu untuk lebih sering mengadakan kegiatan kreatif dan inovatif. Dengan begitu, akan lebih memudahkan Disbudparpora untuk kembali mengusulkan Kabupaten Ponorogo menjadi kota kreatif dunia jaringan UNESCO.

Judha menjelaskan tahun 2024 nanti, akan pihaknya usulkan lagi Ponorogo menjadi kota kreatif dunia jaringan UNESCO.

Dana dari Kemenparekraf senilai 1,4 miliar rupiah itu, akan digunakan untuk membangun kawasan ekonomi kreatif di Kabupaten Ponorogo. Rencananya, bangunan untuk kegiatan ekonomi kreatif itu berlokasi di eks Pasar Lanang. Namun, untuk mewujudkannya  anggarannya harus berkolaborasi dengan dana APBD. Sehingga nantinya desainnya bisa maksimal.

Ia menerangkan lokasi eks Pasar Lanang itu, akan dibangun untuk ajang ekonomi kreatif. Gambarannya akan ada gerai ekraf dan panggung pertunjukan. Desainnya akan dibuat kekinian. (Yi/BeritaJatim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

six + 17 =

Share post:

Artikel Menarik

Artikel Terkait
Related

Operasi Zebra Semeru 2024 di Ponorogo, Pengendara Tertib Dapat Reward

Ponorogo - Satlantas Polres Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk...

Kemenag Pastikan Tidak Ada Larangan Pernikahan di Hari Libur: Penghulu Siap Layani di Lokasi Pilihan

Ponorogo - Kementerian Agama (Kemenag) mengklarifikasi bahwa tidak ada...

MTSN 2 Ponorogo Sabet Prestasi di Kejuaraan Lomba PBB Tingkat SMP Sederajat

Ponorogo - Pada Upacara peringatan HUT TNI ke-79 yang...

Penipuan Mengatasnamakan Pengobatan Ida Dayak

Ponorogo - Ramai menjadi perbincangan warganet di Ponorogo bawasanya...