LifestyleCuaca Madiun Hari Ini Panas Pol, Bolehkah Menyalakan Kipas Angin dalam Waktu...

Cuaca Madiun Hari Ini Panas Pol, Bolehkah Menyalakan Kipas Angin dalam Waktu Lama?

Date:

Madiun – Cuaca Madiun dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir panas kentang-kentang. Bahkan Senin (30/10) hari ini, puncak suhu panas di Madiun dan beberapa daerah di sekitarnya mencapai 39 derajat celsius menurut BMKG. Bahkan di malam hari, warga Madiun dan sekitarnya masih merasakan cuaca yang cukup panas. Akibatnya, menyalakan AC atau kipas angin menjadi solusi untuk mengatasi tubuh yang kegerahan. Namun, apakah menyalakan kipas angin terus menerus baik untuk kesehatan tubuh?

Penjelasan mengenai dampak menyalakan kipas angin dalam waktu lama itu disampaikan dr Kevin Mak. Mengutip JawaPos.com, dokter yang juga health content creator ini mengatakan bahwa menyalakan kipas angin dalam waktu lama bisa berdampak negatif bila ruangan tertutup. Sebab jika tak ada sirkulasi udara yang baik, maka udara yang berputar di ruangan membawa kotoran.

Ia menjelaskan contohnya karena sirkulasi tertutup, debu akan terangkat sehingga menyebabkan resiko seperti asma, riwayat alergi dan juga hidung tersumbat yang meningkat. Kipas angin boleh saja digunakan. Asal tak langsung mengarah ke badan kita. Pun, juga harus ada ventilasi udara.

Selain itu, dr Kevin juga mengingatkan bahwa paparan angin secara berlebihan ke arah muka dapat meningkatkan risiko penyakit seperti bells palsy.

Ia menerangkan secara umum jika ruangan memiliki ventilasi yang cukup dan tidak diarahkan ke badan maka penggunaan kipas angin saat tidur boleh-boleh saja. Jangan lupa juga untuk membersihkan kipas anginnya secara berkala agar mengurangi debu berterbangan. (Yi/RadarMadiun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × 2 =

Share post:

Artikel Menarik

Artikel Terkait
Related

Operasi Zebra Semeru 2024 di Ponorogo, Pengendara Tertib Dapat Reward

Ponorogo - Satlantas Polres Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk...

Kemenag Pastikan Tidak Ada Larangan Pernikahan di Hari Libur: Penghulu Siap Layani di Lokasi Pilihan

Ponorogo - Kementerian Agama (Kemenag) mengklarifikasi bahwa tidak ada...

MTSN 2 Ponorogo Sabet Prestasi di Kejuaraan Lomba PBB Tingkat SMP Sederajat

Ponorogo - Pada Upacara peringatan HUT TNI ke-79 yang...

Penipuan Mengatasnamakan Pengobatan Ida Dayak

Ponorogo - Ramai menjadi perbincangan warganet di Ponorogo bawasanya...