JombangWarga Jombang Ramai-ramai Berburu Ikan di Sungai

Warga Jombang Ramai-ramai Berburu Ikan di Sungai

Date:

Jombang – Warga Jombang beramai-ramai mendatangi dam Balongsono Desa Talunkidul Kecamatan Sumobito, Rabu (25/10/2023). Kedatangan warga untuk berburu aneka jenis ikan di sungai tersebut.

Pasalnya, pintu air yang ada di dam tersebut ditutup. Sehingga debit air berkurang dratis. Nah, kondisi itulah yang membuat warga mudah menangkap ikan. Semakin siang, warga yang datang semakin banyak. Dari belasan menjadi puluhan.

Para warga datang secara berombongan. Selain warga setempat, juga dari kecamatan lain, semisal dari Kesamben dan Mojoagung. Para pemburu ikan ini juga sudah menyiapkan wadah khusus untuk tempat ikan hasil buruan.

Syamsul Hadi (36) asal Kecamatan Mojoagung mengaku datang sejak Selasa malam bersama sembilan orang temannya. Syamsul langsung turun ke sungai yang airnya sangat dangkal. Walhasil, mereka mendapat empat jenis ikan.

Syamsul mengatakan kira-kira mendapatkan ikan 25 kilogram. Acara ini rutin dilakukan setiap tahun, yakni untuk membersihkan sungai. Selain Syamsul masak, hasil tangkapan ini juga di bagi ke tetangga.

Hal serupa dilakukan oleh Opik (33), warga Desa Karobelah Kecamatan Mojoagung. Opik datang pukul setengah enam pagi ke sungai yang sedang dibersihkan itu. Debit air sungai berkurang dratis sehingga memudahkan dirinya menangkapi ikan di sungai.

jombang

Opik mengatakan karena jumlah warga pencari ikan terus bertambah, Opik dan warga lainnya sempat rebutan ikan. Namun semuanya aman. Justru saling berebut itulah menjadi seru. Opik juga dapat ikan banyak. Mayoritas jenis jendil.

Hingga pukul 09.00 WIB, warga masih menyemut di lokasi. Jika dilihat dari atas tanggul, warga yang sedang berada di sungai tersebut seperti sedang berbaris. Terkadang mereka menunduk secara bersama-sama, menangkap ikan lalu memasukkannya dalam wadah. Sebuah keseruan yang datang setiap tahun. (Rq/beritajatim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × one =

Share post:

Artikel Menarik

Artikel Terkait
Related

Warga Temon Sawoo Berjuang untuk Akses Air Bersih di Musim Kemarau

Ponorogo - Kondisi di kawasan Jalan Bayang Kaki, Desa Temon,...

Operasi Zebra Semeru 2024 di Ponorogo, Pengendara Tertib Dapat Reward

Ponorogo - Satlantas Polres Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk...

Kemenag Pastikan Tidak Ada Larangan Pernikahan di Hari Libur: Penghulu Siap Layani di Lokasi Pilihan

Ponorogo - Kementerian Agama (Kemenag) mengklarifikasi bahwa tidak ada...

MTSN 2 Ponorogo Sabet Prestasi di Kejuaraan Lomba PBB Tingkat SMP Sederajat

Ponorogo - Pada Upacara peringatan HUT TNI ke-79 yang...