NasionalUji Coba Trans Jogja, Bisa Melawan Arus di Jalan Pasar Kembang Jogja

Uji Coba Trans Jogja, Bisa Melawan Arus di Jalan Pasar Kembang Jogja

Date:

Yogyakarta – Dinas Perhubungan (Dishub) DIY berencana untuk melakukan uji coba kebijakan contraflow atau melawan arus lalu lintas khusus untuk bus Trans Jogja di Jalan Pasar Kembang.

Kebijakan itu akan dimulai pada Sabtu 28 Oktober mendatang di mana bus Trans Jogja bisa melawan arus lalu lintas dari Simpang Gandekan menuju Jalan Malioboro melewati Jalan Pasar Kembang.

Arus lalu lintas di kawasan Malioboro sebelumnya diberlakukan lewat sistem giratori atau memutar searah jarum jam. Kebijakan ini berimbas pada pengaturan lalu lintas lainnya di kawasan sirip-sirip Malioboro.

Kebijakan contraflow yang diterapkan Dishub DIY nantinya membuat bus Trans Jogja yang melintas dari Jalan Gandekan bisa melawan arah melewati Jalan Pasar Kembang dari barat ke timur sejauh 500 meter. Sebaliknya pengendara lain tetap dilarang dan mesti merujuk ketentuan satu arah melintas dari timur ke barat.

Kepala Dishub DIY Sumariyoto, mengatakan kebijakan ini sesuai dengan rencana Malioboro menjadi jalur pedestrian penuh pada 2025 mendatang. Untuk itu akses kendaraan transportasi publik harus diperbanyak untuk memudahkan pengunjung yang ingin datang ke Malioboro. Rabu (25/10/2023)

Selain itu, melalui kebijakan ini, penumpang yang menggunakan kereta api jarak dekat seperti KRL Prameks tidak lagi perlu menyeberang ke Halte Malioboro 1. Penumpang tinggal naik lewat pintu keluar Stasiun Tugu, sehingga moda transportasi publik lebih terintegrasi di kawasan tersebut.

Sumariyoto menambahkan, kebijakan ini dipastikan tidak menganggu kendaraan lain yang melintas. Pihaknya akan membuat akses pembatas agar membuat arus lalu lintas tidak terganggu. Nantinya bus yang melintas di kawasan itu yakni rute dari Palbapang dan juga Gamping. (Fm/harianjogja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 3 =

Share post:

Artikel Menarik

Artikel Terkait
Related

Warga Temon Sawoo Berjuang untuk Akses Air Bersih di Musim Kemarau

Ponorogo - Kondisi di kawasan Jalan Bayang Kaki, Desa Temon,...

Operasi Zebra Semeru 2024 di Ponorogo, Pengendara Tertib Dapat Reward

Ponorogo - Satlantas Polres Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk...

Kemenag Pastikan Tidak Ada Larangan Pernikahan di Hari Libur: Penghulu Siap Layani di Lokasi Pilihan

Ponorogo - Kementerian Agama (Kemenag) mengklarifikasi bahwa tidak ada...

MTSN 2 Ponorogo Sabet Prestasi di Kejuaraan Lomba PBB Tingkat SMP Sederajat

Ponorogo - Pada Upacara peringatan HUT TNI ke-79 yang...