NasionalNapi Kerap Menderita Penyakit, Klinik Lapas di Sragen Menjadi Percontohan Bagi Lapas...

Napi Kerap Menderita Penyakit, Klinik Lapas di Sragen Menjadi Percontohan Bagi Lapas Nasional

Date:

Sragen – Daya tampung Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 2 A Sragen saat ini sudah mencapai 505 tahanan. Lapas tersebut over kapasitas dari selayaknya penghuni tahanan. Namun, Sragen masih dipercaya dalam hal pelayanan kesehatan untuk warga binaan.

Kepala Lapas Kelas 2 A Sragen Tunggul Bawono menyampaikan, kapasitas ideal di lapas Kelas 2 A Sragen hanya 381 tahanan. Tetapi sekarang berisi 505 orang.

Pihaknya menyampaikan, selama menjabat, warga binaan terbanyak didapati sampai 505 orang. Di lapas Sragen sendiri ada 6 blok yang digunakan. Warga binaan kebanyakan tersangkut kasus narkoba. Mengingat kondisi lapas yang kelebihan penghuni, pihaknya menambah pengamanan. Selain itu sarana dan prasarana penunjang untuk tidur, makan dan minum para warga binaan ditingkatkan. Selain itu Lapas Sragen juga meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga binaan.

Klinik Lapas Sragen kini sudah mendapat izin klinik. Dan sudah ada dokter serta tiga orang perawat yang membantu. Klinik yang disiapkan juga sudah melengkapi standar mulai ruang pemeriksaan hingga ruang ibu menyusui

Perawat Ririn Ika Suparwati menyampaikan, untuk kunjungan dari warga binaan seperti pada umumnya lapas. Penyakit yang dialami seperti sakit kepala, dan penyakit kulit.

Pihaknya menjelaskan untuk klinik lapas Sragen menjadi percontohan di Jawa Tengah selain Lapas Pati. Di Indonesia hanya ada 40 lapas yang menjadi percontohan. Terkait pengolahan limbah medis, di Lapas Sragen juga sudah bekerjasama dengan RSUD Sragen. (Mu/radarsolo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 − 5 =

Share post:

Artikel Menarik

Artikel Terkait
Related

Warga Temon Sawoo Berjuang untuk Akses Air Bersih di Musim Kemarau

Ponorogo - Kondisi di kawasan Jalan Bayang Kaki, Desa Temon,...

Operasi Zebra Semeru 2024 di Ponorogo, Pengendara Tertib Dapat Reward

Ponorogo - Satlantas Polres Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk...

Kemenag Pastikan Tidak Ada Larangan Pernikahan di Hari Libur: Penghulu Siap Layani di Lokasi Pilihan

Ponorogo - Kementerian Agama (Kemenag) mengklarifikasi bahwa tidak ada...

MTSN 2 Ponorogo Sabet Prestasi di Kejuaraan Lomba PBB Tingkat SMP Sederajat

Ponorogo - Pada Upacara peringatan HUT TNI ke-79 yang...