UncategorizedKisah 149 Keluarga di Desa Mlinjon, Suruh, Trenggalek Ketika Kemarau Harus Berjalan...

Kisah 149 Keluarga di Desa Mlinjon, Suruh, Trenggalek Ketika Kemarau Harus Berjalan 5 Km

Date:

Trenggalek – Dimusim kemarau seperti saat ini kekeringan terus menjalar di berbagai tempat wilayah Trenggalek, seperti di wilayah Dusun Selorejo, Desa Mlinjon, Kecamatan Suruh, Trenggalek. Karena itu warga harus berjalan berkilo-kilometer untuk mendapatkan air bersih.

Warga di Dusun Selorejo, Desa Mlinjon, Kecamatan Suruh, Trenggalek mulai mengalami kekeringan mulai Agustus 2023 lalu . Hal itu terlihat sumur yang biasanya dimanfaatkan warga untuk keperluan sehari-hari telah mengering. Begitu juga dengan, sumber air yang berada di daerah pegunungan.

Mulani, salah satu warga menyampaikan, karena situasi itu beberapa warga ada yang membeli air untuk diminum, sedangkan untuk keperluan mandi, cuci, kakus (MCK) mencari air dari sunga.

Tercatat ada sekitar 149 keluarga yang terdampak kekeringan tersebut. Sedangkan, untuk setiap keluarga ada sekitar dua hingga empat anggota. Saat ini kondisi kesulitan air cukup parah, mengingat semua warga kesulitan untuk mencari air. Adapun air, harus mencari di sungai yang kondisinya telah keruh karena dangkal juga sering diambil warga.

Ia melajutkan, warga harus mengantri jika ingin mencari air di sumur untuk konsumsi dengan jarak sekitar satu kilometer. Sedangkan untuk keperluan MCk cari di sungai yang jaraknya ada kalau lima kilometer.

Hal yang tidak jauh berbeda diungkapkan oleh warga lainnya Ranu. Ia menambahkan,sebenarnya tanda-tanda bahwa desa akan mengalami kekeringan telah dirasakan sejak akhir Juli 2023. Saat itu sumur warga mulai mengering, dan beberapa warga harus kehutan untuk mencari air.

Namun, pada saat itu belum melaporkan kepada Pemerintah soal permintaan pasokan air, karena air bersih dirasa masih cukup. Karena itu kekeringan baru dirasakan warga sekitar pertengahan Agustus kemarin. Untuk itu warga mengajukan permintaan air bersih ke pemerintah.

Mulani mengatakan, Bantuan air bersih yang dikirim ini biasanya hanya cukup buat minum dan masak sehari-hari.

Hal tersebut diakui oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Trenggalek Ratna Sulistyowati. Dia menambahkan saat ini Dinsos P3A telah berkoordinasi dengan BPBD Trenggalek untuk bersama-sama membantu warga yang membutuhkan air bersih. Karena itu saat ini Dinsos P3A diberikan kepercayaan untuk menyuplai air bersih di Desa Mlinjon. Kemudian untuk mobil sendiri disiapkan tiga mobil tangki yang berisi empat ribu liter.

Selain itu,  Desa Mlinjon sudah mendapatkan bantuan 21 tandon air masing-masing memiliki kapasitas tampung 1.200 liter. Sedangkan bantuan sendiri, Dinsos P3A mendapat jatah 47 tangki, dari awal 11 September sudah terdistribusi 25 tangki. (Nh/radartulungagung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × five =

Share post:

Artikel Menarik

Artikel Terkait
Related

Warga Temon Sawoo Berjuang untuk Akses Air Bersih di Musim Kemarau

Ponorogo - Kondisi di kawasan Jalan Bayang Kaki, Desa Temon,...

Operasi Zebra Semeru 2024 di Ponorogo, Pengendara Tertib Dapat Reward

Ponorogo - Satlantas Polres Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk...

Kemenag Pastikan Tidak Ada Larangan Pernikahan di Hari Libur: Penghulu Siap Layani di Lokasi Pilihan

Ponorogo - Kementerian Agama (Kemenag) mengklarifikasi bahwa tidak ada...

MTSN 2 Ponorogo Sabet Prestasi di Kejuaraan Lomba PBB Tingkat SMP Sederajat

Ponorogo - Pada Upacara peringatan HUT TNI ke-79 yang...