UncategorizedPembangunan JLS hingga Bandara Dhoho Kediri Tingkatkan Iklim Investasi di Pesisir Trenggalek

Pembangunan JLS hingga Bandara Dhoho Kediri Tingkatkan Iklim Investasi di Pesisir Trenggalek

Date:

Trenggalek – Pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Kabupaten Trenggalek menjadi daya tarik investor untuk menanamkan modal dan membangun usahanya di Bumi Menak Sopal.

Salah satu yang cukup berpengaruh dalam mendorong iklim investasi adalah pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Trenggalek, Edi Santoso, Jumat (22/9/2023) menyampaikan bahwa pembangunan JLS ini jelas sangat berpengaruh karena infrastruktur itu salah satu prasarat yang menjadi daya tarik investor masuk. Tanpa infrastruktur yang memadai, investor akan mempertimbangkan biaya untuk berinvestasi di situ pasti berat.

Selain JLS, Edi menilai Trenggalek akan diuntungkan dengan adanya Bandra Dhoho Kediri yang saat ini juga sedang dalam proses pembangunan serta exit tol di Tulungagung dari bandara yang dekat dengan Trenggalek.

Penjajakan investor dari sektor pertanian dan perikanan, lanjut Edi juga sudah berjalan terutama di daerah Kecamatan Watulimo.

Edi mengatakan bahwa saat ini fokus untuk mengoptimalkan potensi emas hijau yaitu pertanian agro, dan emas biru yaitu kelautan dan perikanan. Dua sektor ini selalu jadi tulang punggung dan motor pertumbuhan Trenggalek.

Edi membocorkan, di sektor pertanian, investor dari Vietnam sudah melakukan persetujuan dengan pengusaha lokal untuk berinvestasi di bidang pengolahan durian.

Buah Durian memang menjadi salah satu komoditas andalan Kabupaten Trenggalek. Apalagi setiap tahunnya petani durian di Bumi Menak Sopal bisa menghasilkan 15 ribu ton durian dengan nilai perputaran uang mencapai Rp 0,5 triliun.

Sedangkan di bidang Pariwisata, Pantai Prigi utamanya di titik 360 sudah ada kepeminatan investor besar yang beberapa kali melakukan penjajakan.

Edi menambahkan bahwa Dendy Tulungagung sebagai investor lain juga sudah ada komunikasi intensif. Bentuk tempatnya berupa wisata terpadu, ada Food and Beverage, Resort yang mengandalkan beach view. (Nh/tribunmataraman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 3 =

Share post:

Artikel Menarik

Artikel Terkait
Related

Operasi Zebra Semeru 2024 di Ponorogo, Pengendara Tertib Dapat Reward

Ponorogo - Satlantas Polres Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk...

Kemenag Pastikan Tidak Ada Larangan Pernikahan di Hari Libur: Penghulu Siap Layani di Lokasi Pilihan

Ponorogo - Kementerian Agama (Kemenag) mengklarifikasi bahwa tidak ada...

MTSN 2 Ponorogo Sabet Prestasi di Kejuaraan Lomba PBB Tingkat SMP Sederajat

Ponorogo - Pada Upacara peringatan HUT TNI ke-79 yang...

Penipuan Mengatasnamakan Pengobatan Ida Dayak

Ponorogo - Ramai menjadi perbincangan warganet di Ponorogo bawasanya...