PonorogoSukses Mempercepat Pembangunan Wisata, Ponorogo Dapat Penghargaan APDI 2023.

Sukses Mempercepat Pembangunan Wisata, Ponorogo Dapat Penghargaan APDI 2023.

Date:

Ponorogo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo meraih penghargaan tingkat nasional. Kali ini berupa Apresiasi Pemerintah Daerah Indonesia (APDI) 2023 karena dinilai mampu melakukan akselerasi pembangunan ekonomi dengan cepat.

Wakil Bupati (Wabup) Ponorogo Lisdyarita hadir menerima penghargaan APDI di Hotel JS Luwansa Jakarta, pada Selasa (12/9/2023).

Wabup Ponorogo, Lisdyarita mengungkapkan bahwa penghargaan itu adalah buah kerja keras Pemkab berkolaborasi dengan sejumlah pihak dalam pembangunan ekonomi pasca pandemi. Pemkab Ponorogo dinilai sukses menempatkan sektor pariwisata sebagai modal kebangkitan ekonomi.

Menurutnya tanpa ada lomba, pihaknya akan terus bekerja untuk melakukan percepatan di segala bidang. Ia juga menginginkan percepatan pembangunan di sektor pendidikan, sektor kesehatan, sektor pertanian, dan infrastruktur. Inovasi yang tepat ketika menempatkan sektor pariwisata sebagai prioritas kebangkitan ekonomi.

Dengan hal ini, ia berharap bahwa Ponorogo menjadi daerah terbaik dengan dukungan dari semua pihak.

Keunggulan sektor pariwisata dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo untuk meningkatkan perekonomian warga. Apalagi, Kabupaten ini memiliki banyak tempat wisata alam maupun wisata budaya.

Telaga Ngebel merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Ponorogo. Pasalnya, telaga ini tidak kalah menarik dengan wisata lain,  dan pemandangan yang indah menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain itu, wisata budaya juga menjadi andalan. Salah satunya, kesenian Reog Ponorogo yang telah terkenal baik di tingkat nasional maupun internasional.

Pemkab Ponorogo akan menambah wisata baru dengan membangun wisata peradaban, berupa monumen dan museum Reog Ponorogo yang rencananya bakal rampung pada 2024 mendatang.

Berbagai upaya Pemkab Ponorogo untuk mengatasi kemiskinan dengan terus mendorong UMKM di Ponorogo untuk berinovasi dan berkembang, menyelesaikan permasalahan kesehatan dengan pembangunan rumah sakit di tingkat kecamatan serta inovasi-inovasi pelayanan kesehatan, merupakan langkah-langkah menarik yang juga dapat dijadikan contoh untuk daerah lain agar bisa berinovasi dan berkembang.

Sementara itu, Penghargaan APDI 2023 merupakan kerja sama B-Universe dengan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia. Penghargaan itu cukup bergengsi karena Pemkab Ponorogo terpilih dari 548 pemerintah daerah di Indonesia.

APDI menyeleksi 115 pemerintah daerah untuk mengirimkan berkas inisiatif hingga akhirnya menyisakan 35 daerah. Penjurian oleh dewan juri menghasilkan 21 inisiatif pemerintah daerah yang terbagi dalam 6 kategori dan Pemkab Ponorogo termasuk di dalamnya. (Mu/beritasatu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen + 17 =

Share post:

Artikel Menarik

Artikel Terkait
Related

Warga Temon Sawoo Berjuang untuk Akses Air Bersih di Musim Kemarau

Ponorogo - Kondisi di kawasan Jalan Bayang Kaki, Desa Temon,...

Operasi Zebra Semeru 2024 di Ponorogo, Pengendara Tertib Dapat Reward

Ponorogo - Satlantas Polres Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk...

Kemenag Pastikan Tidak Ada Larangan Pernikahan di Hari Libur: Penghulu Siap Layani di Lokasi Pilihan

Ponorogo - Kementerian Agama (Kemenag) mengklarifikasi bahwa tidak ada...

MTSN 2 Ponorogo Sabet Prestasi di Kejuaraan Lomba PBB Tingkat SMP Sederajat

Ponorogo - Pada Upacara peringatan HUT TNI ke-79 yang...