NasionalPemalsuan Pertanggungjawaban, Kades Ngulankulon Trenggalek Korupsi Dana APBDes

Pemalsuan Pertanggungjawaban, Kades Ngulankulon Trenggalek Korupsi Dana APBDes

Date:

Trenggalek – Kepala Desa (Kades) Ngulankulon Kabupaten Trenggalek tersandung korupsi. Status tersangka korupsi kades dan bendahara itu disandang sejak tahun 2022 lalu. Kasus tersebut kini terus bergulir.

Setelah Polres Trenggalek menahan kedua tersangka RC, kepala desa, dan S, bendahara desa, pada awal September 2023. Kini keduanya sudah dilimpahkan di Kejaksaan Negeri Trenggalek dan selanjutnya akan menjalani persidangan.

Kedua tersangka diangkut menggunakan mobil tahanan Polres Trenggalek dengan kedua tangan diborgol serta memakai baju tahanan dan tiba di Kejaksaan Negeri Trenggalek, Rabu (13/09/2023).

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Trenggalek, Rio Irnanda, membenarkan bahwa pada hari itu menerima tersangka dan barang bukti dengan inisial RC dan S terkait dengan dugaan perbuatan melawan hukum. Kejadian ini berakibat mengalami kerugian negara pada Desa Ngulankulon yang bersumber APBDes 2020.

Kedua tersangka diduga melanggar Pasal 2 Ayat 1 Juncto 18 dan Pasal 3 Undang Undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Juncto pasal 33 KUHP.

Dari informasinya, kerugian negara akibat korupsi kades dan bendahara Ngulankulon di angka Rp 211 juta. Kedua tersangka terindikasi mengarah pada pemalsuan pertanggungjawaban dan tanda tangan pengelolaan APBDes.

Irnanda mengatakan, setelah tahap proses penerimaan ini, ia akan melakukan penahanan selama 20 hari kedepan, kemudian tim Jaksa Penuntut Umum [JPU] akan menyiapkan administrasi berupa surat dakwaan, untuk tahap selanjutnya di pengadilan tipikor. (Mu/kabartrenggalek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two + sixteen =

Share post:

Artikel Menarik

Artikel Terkait
Related

Warga Temon Sawoo Berjuang untuk Akses Air Bersih di Musim Kemarau

Ponorogo - Kondisi di kawasan Jalan Bayang Kaki, Desa Temon,...

Operasi Zebra Semeru 2024 di Ponorogo, Pengendara Tertib Dapat Reward

Ponorogo - Satlantas Polres Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk...

Kemenag Pastikan Tidak Ada Larangan Pernikahan di Hari Libur: Penghulu Siap Layani di Lokasi Pilihan

Ponorogo - Kementerian Agama (Kemenag) mengklarifikasi bahwa tidak ada...

MTSN 2 Ponorogo Sabet Prestasi di Kejuaraan Lomba PBB Tingkat SMP Sederajat

Ponorogo - Pada Upacara peringatan HUT TNI ke-79 yang...