InternasionalCurah Hujan Tertinggi Mengguyur Hong Kong, Tercatat dalam 140 Tahun lalu

Curah Hujan Tertinggi Mengguyur Hong Kong, Tercatat dalam 140 Tahun lalu

Date:

Hong Kong — Hujan deras mengguyur Hong Kong pada Jumat (8/9/2023). Karena curah huja yang cukup tinggi mengakibatkan terjadinya banjir bandang yang meluas di seluruh kota. Banjir merendam jalan-jalan, pusat perbelanjaan, dan stasiun metro.

Pihak berwenang menutup sekolah dan menghimbau para pekerja untuk tinggal di rumah terlebih dahulu. Hong Kong mengalami curah hujan per jam tertinggi sejak pencatatan dimulai 140 tahun lalu.  Air terjun mengalir ke daerah pegunungan kota saat pihak berwenang mengeluarkan peringatan risiko tanah longsor.

Menurut rekaman video yang beredar di media sosial, jalanan berubah menjadi aliran sungai yang sangat deras, dan para pekerja metro mengarungi stasiun sedalam pinggang mereka untuk mencoba membendung aliran air yang mengalir dari permukaan jalan. Terowongan pelabuhan lintas kota, yang merupakan arteri utama yang menghubungkan pulau Hong Kong ke Kowloon, juga terendam air. Pusat perbelanjaan di distrik Chai Wan juga menjadi dampak terendam air.

Observatorium Hong Kong melaporkan, curah hujan 158,1 milimeter (6,2 inci) terjadi sekitar pukul Kamis malam (7/9/2023) pukul 23.00 hingga Jumat dini hari. Biro cuaca mengeluarkan peringatan hujan badai “hitam” tertinggi. Curah hujan lebih dari 200 mm tercatat di pulau utama Hong Kong, Kowloon dan bagian timur laut New Territorie.

Biro cuaca mengatakan palung bertekanan rendah yang terkait dengan sisa-sisa Topan Haikui telah membawa hujan deras ke pantai Guangdong Cina sejak Kamis.

Kondisi ekstrem diperkirakan akan berlangsung hingga setidaknya tengah hari pada hari Jumat.  Bursa saham Hong Kong tidak akan buka pada Jumat pagi dan akan tetap tutup pada sesi sore jika peringatan hujan badai “hitam” tetap berlaku pada siang hari.

Pemimpin Hong Kong, John Lee mengatakan, sangat prihatin dengan banjir besar yang terjadi di sebagian besar wilayah tersebut. Dia telah menginstruksikan semua departemen untuk merespons kejadian ini dengan upaya sekuat tenaga.

MTR Corp Hong Kong yang mengoperasikan jaringan kereta api kota tersebut menyatakan, setidaknya satu jalur ditutup sementara jalur lainnya beroperasi dengan interval yang tertunda. Semua sekolah telah liburkan pada Jum’at karena kondisi ekstrim yang disebabkan oleh banjir besar dan gangguan lalu lintas yang harus segera ditangani.

Para pengusaha dihimbau untuk mematuhi pengaturan kerja yang biasanya digunakan saat sinyal angin kencang, yang membuat kota tersebut terhenti karena kantor dan toko tutup.

Operator feri Makau di Hong Kong menyatakan, beberapa perjalanan feri akan hentikan karena pwristiwa banjir yang meluas. (Mu/republika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 5 =

Share post:

Artikel Menarik

Artikel Terkait
Related

Warga Temon Sawoo Berjuang untuk Akses Air Bersih di Musim Kemarau

Ponorogo - Kondisi di kawasan Jalan Bayang Kaki, Desa Temon,...

Operasi Zebra Semeru 2024 di Ponorogo, Pengendara Tertib Dapat Reward

Ponorogo - Satlantas Polres Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk...

Kemenag Pastikan Tidak Ada Larangan Pernikahan di Hari Libur: Penghulu Siap Layani di Lokasi Pilihan

Ponorogo - Kementerian Agama (Kemenag) mengklarifikasi bahwa tidak ada...

MTSN 2 Ponorogo Sabet Prestasi di Kejuaraan Lomba PBB Tingkat SMP Sederajat

Ponorogo - Pada Upacara peringatan HUT TNI ke-79 yang...