PacitanFestival Ronthek 2023 Kembali Digelar di Pacitan

Festival Ronthek 2023 Kembali Digelar di Pacitan

Date:

Pacitan – Sebuah event budaya akbar kembali digelar di Pacitan. Gelaran ini bertajuk Festival Ronthek 2023. Seperti namanya, tampilan yang disuguhkan adalah musik bambu dengan tambahan tarian dan ornamen.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji ketika membuka acara, Sabtu (18/11/2023) mengatakan bahwa acara festival ini mudah-mudahan lancar dan berdampak baik bagi pihaknya dan semua kalangan.

Seperti diketahui, Festival Ronthek Pacitan telah masuk dalam Karisma Event Nasional (KEN). Artinya, seni khas Kota 1001 Gua telah diakui oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tentu saja itu tak lepas dari konsistensi menjaga kelestariannya

Mas Aji mengatakan terimakasih buat seluruh warga masyarakat Pacitan karena yang bikin rontek masuk KEN dan diakui Kemenparekraf karena peranserta seluruh masyarakat Pacitan.

Pada kesempatan itu pula, bupati mengajak seluruh elemen terus berupaya meningkatkan derajat Ronthek Pacitan. Salah satunya dengan menjaga eksistensi serta merawatnya sebagai budaya daerah. Bila perlu ronthek harus diperkenalkan hingga manca negara.

Festival Ronthek telah menjadi agenda rutin tahunan di Pacitan. Hanya saja pelaksanaannya sempat terhenti selama 2 tahun akibat pandemi. Kini event kolosal itu kembali dihelat. Lokasinya pun berubah dari Jl A Yani ke Jl JA Suprapto, depan pendopo kabupaten.

Sedikitnya 12 grup akan tampil selama 2 hari berturut-turut. Yakni sampai Minggu (19/11/2023) malam. Selain itu tercatat ada 600 seniman yang ambil bagian memeriahkan jalannya festival. Jelang event diawali ‘Pasar Krempyeng’ yang menjual kuliner khas dan langka. (Nh/detikjatim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten − 7 =

Share post:

Artikel Menarik

Artikel Terkait
Related

Operasi Zebra Semeru 2024 di Ponorogo, Pengendara Tertib Dapat Reward

Ponorogo - Satlantas Polres Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk...

Kemenag Pastikan Tidak Ada Larangan Pernikahan di Hari Libur: Penghulu Siap Layani di Lokasi Pilihan

Ponorogo - Kementerian Agama (Kemenag) mengklarifikasi bahwa tidak ada...

MTSN 2 Ponorogo Sabet Prestasi di Kejuaraan Lomba PBB Tingkat SMP Sederajat

Ponorogo - Pada Upacara peringatan HUT TNI ke-79 yang...

Penipuan Mengatasnamakan Pengobatan Ida Dayak

Ponorogo - Ramai menjadi perbincangan warganet di Ponorogo bawasanya...