BlitarMantan Buruh Menuntut Uang Pesangon Pabrik Rokok di Blitar Selama 3 Hari

Mantan Buruh Menuntut Uang Pesangon Pabrik Rokok di Blitar Selama 3 Hari

Date:

Blitar – Sejumlah buruh Pabrik Rokok Bokor Mas yang jadi Korban PHK menggelar aksi damai di depan kantor PT Bokor Mas, Jl Mastrip, Kota Blitar, Senin (6/11/2023).

Mereka menuntut pemberian uang pesangon dan kekurangan uang tunggu dari perusahaan yang sampai sekarang belum ada kejelasan.

Para mantan pekerja menggelar aksi damai dengan duduk-duduk di trotoar depan kantor PT Bokor Mas. Informasinya, aksi damai para mantan pekerja pabrik rokok akan digelar selama tiga hari ke depan.

Bayu, salah satu mantan pekerja PT Bokor Mas mengatakan, itu merupakan aksi damai para mantan pekerja PT Bokor Mas yang terkena PHK. Rencananya digelar selama tiga hari dan dimulai hari Senin (6/11/2023).

Ia mengatakan, dalam aksi itu para mantan pekerja meminta uang pesangon dan kekurangan uang tunggu dari perusahaan.

Menurutnya, sampai sekarang belum ada kejelasan terkait uang pesangon dan kekurangan uang tunggu setelah PT Bokor Mas dinyatakan pailit pada Agustus 2023 lalu. Mantan pekerja baru menerima uang JHT (jaminan hari tua) dari BPJS Ketenagakerjaan

Seperti diketahui, dua pabrik rokok di Kota Blitar, PT Bokor Mas dan PT Pura Perkasa Jaya dinyatakan pailit dalam proses penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) di Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Surabaya pada 28 Agustus 2023.

Dampaknya, sebanyak 699 pekerja di dua pabrik rokok yang masih satu manajemen tersebut terkena pemutusan hubungan kerja setelah perusahaan dinyatakan pailit.

Proses PKPU diajukan oleh beberapa kreditur perusahaan. Dalam proses PKPU itu ada tagihan sekitar Rp 800 miliar kepada tiga perusahaan yang masih satu manajemen, yaitu  PT Universal Strategic Alliance, PT Bokor Mas dan PT Pura Perkasa Jaya. (Mu/mataraman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

six + 12 =

Share post:

Artikel Menarik

Artikel Terkait
Related

Operasi Zebra Semeru 2024 di Ponorogo, Pengendara Tertib Dapat Reward

Ponorogo - Satlantas Polres Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk...

Kemenag Pastikan Tidak Ada Larangan Pernikahan di Hari Libur: Penghulu Siap Layani di Lokasi Pilihan

Ponorogo - Kementerian Agama (Kemenag) mengklarifikasi bahwa tidak ada...

MTSN 2 Ponorogo Sabet Prestasi di Kejuaraan Lomba PBB Tingkat SMP Sederajat

Ponorogo - Pada Upacara peringatan HUT TNI ke-79 yang...

Penipuan Mengatasnamakan Pengobatan Ida Dayak

Ponorogo - Ramai menjadi perbincangan warganet di Ponorogo bawasanya...