NasionalDiversifikasi Pangan, Mendagri Juga Konsumsi Jagung dan Ubi Jalar

Diversifikasi Pangan, Mendagri Juga Konsumsi Jagung dan Ubi Jalar

Date:

Jakarta -Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengajak masyarakat melakukan diversifikasi pangan untuk mengatasi kelangkaan komoditas beras akibat fenomena El Nino. Diversifikasi pangan diperlukan untuk menghindari ketergantungan pada beras.

Pelaksana Harian (PLH) Kapuspen Kemendagri Yudia Ramli mengatakan, selain beras Indonesia memiliki banyak komoditas pangan yang dapat menjadi sumber karbohidrat yang menyehatkan. Upaya ini diharapkan bisa menekan permintaan terhadap beras sehingga harga lebih dapat stabil.

Yudia mengatakan, beberapa minggu terakhir Bapak Menteri Dalam Negeri juga mengonsumsi jagung dan ubi jalar. Memang diversifikasi bahan pangan itu sangat penting, agar tidak selalu bergantung dengan bahan pangan tertentu saja. Jumat (6/10/2023).

Dia menjelaskan, potensi pangan di Indonesia sangatlah besar. Terdapat beragam bahan pangan lainnya yang bisa dimanfaatkan masyarakat seperti halnya sagu, keladi, kentang, dan sukun. Selain beragam, komoditas tersebut diketahui juga menyehatkan.

Sementara itu, Yudia menuturkan, pemerintah terus berupaya mendorong terkendalinya pasokan beras dalam negeri. Upaya itu dilakukan melalui berbagai strategi seperti getol menggelar gerakan pangan murah atau operasi pasar murah.

Selain itu, pemerintah juga terus berupaya memastikan stok beras terpenuhi dengan melakukan impor maupun menyerap hasil panen dalam negeri. Kemendagri juga secara rutin setiap minggunya menggelar Rakor Pengendalian Inflasi bersama kementerian/lembaga terkait termasuk pemerintah daerah sebagai tindaklanjut Rakornas Pengendalian Inflasi tanggal 18 Agustus 2022 yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Forum tersebut untuk membahas kondisi inflasi terkini sekaligus komoditas yang menjadi penyebab inflasi. Melalui forum tersebut berbagai permasalahan dibahas dan dicarikan solusi terbaiknya dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan. (Mu/magenta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen + 2 =

Share post:

Artikel Menarik

Artikel Terkait
Related

Warga Temon Sawoo Berjuang untuk Akses Air Bersih di Musim Kemarau

Ponorogo - Kondisi di kawasan Jalan Bayang Kaki, Desa Temon,...

Operasi Zebra Semeru 2024 di Ponorogo, Pengendara Tertib Dapat Reward

Ponorogo - Satlantas Polres Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk...

Kemenag Pastikan Tidak Ada Larangan Pernikahan di Hari Libur: Penghulu Siap Layani di Lokasi Pilihan

Ponorogo - Kementerian Agama (Kemenag) mengklarifikasi bahwa tidak ada...

MTSN 2 Ponorogo Sabet Prestasi di Kejuaraan Lomba PBB Tingkat SMP Sederajat

Ponorogo - Pada Upacara peringatan HUT TNI ke-79 yang...