MadiunEmpat Kereta Api Menuju Madiun Terlambat Akibat Tabrakan

Empat Kereta Api Menuju Madiun Terlambat Akibat Tabrakan

Date:

Madiun – PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun mencatat sebanyak empat kereta mengalami keterlambatan perjalanan dampak anjloknya kereta Jayakarta di Bekasi, Jumat malam, 29 September 2023. Kereta itu berangkat dari Jakarta menuju Jawa Timur dengan melintasi Daop 7 Madiun.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Supriyanto mengatakan bahwa empat kereta api yang mengalami keterlambatan perjalanan itu berdasarkan pantauan petugas pengendali hingga pukul 06.00 tadi, Sabtu, 30 September 2023.

Adapun rinciannya, kereta Gajayana dengan rute Stasiun Gambir-Malang terlambat 45 menit. Kemudian, kereta Gajayana rute Pasarsenen-Surabaya terlambat 190 menit, kereta Majapahit rute Pasarsenen-Malang terlambat 66 menit. Juga, kereta Singasari rute Pasar Senen – Blitar yang terlambat 110 menit.

Karena keterlambatan perjalanan kereta tersebut, Supriyanto mengucapkan permintaan maaf kepada para pelanggan yang terdampak insiden tersebut. Sebagai bentuk kompensasi, pihak PT KAI memberikan service recovery berupa minuman dan makanan ringan kepada meraka yang perjalanannya terganggu.

Ia melanjutkan PT KAI juga menghimbau masyarakat pengguna kendaraan yang melintas di perlintasan sebidang KA untuk selalu berhati-hati. Dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 114 menyebutkan bahwa pengguna jalan wajib mendahulukan kereta api dan memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintas rel.

Supriyanto menyampaikan bahwa dengan tertibnya masyarakat pengguna jalan dan peran optimal seluruh stakeholder, diharapkan keselamatan di perlintasan sebidang dapat terwujud. Sehingga perjalanan kereta api tidak terganggu dan pengguna jalan juga selamat sampai di tempat tujuan.

Sementara itu, anjoknya kereta Jayakarta dengan rute Pasarsenen-Surabaya Gubeng ini setelah menabrak forklift di perlintasan wilayah Kampung Baru Rengasbandung, Cikarang Timur, Bekasi. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, karena operator forklift sempat menyelamatkan diri sebelum tabrakan. (Nh/tempo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 4 =

Share post:

Artikel Menarik

Artikel Terkait
Related

Operasi Zebra Semeru 2024 di Ponorogo, Pengendara Tertib Dapat Reward

Ponorogo - Satlantas Polres Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk...

Kemenag Pastikan Tidak Ada Larangan Pernikahan di Hari Libur: Penghulu Siap Layani di Lokasi Pilihan

Ponorogo - Kementerian Agama (Kemenag) mengklarifikasi bahwa tidak ada...

MTSN 2 Ponorogo Sabet Prestasi di Kejuaraan Lomba PBB Tingkat SMP Sederajat

Ponorogo - Pada Upacara peringatan HUT TNI ke-79 yang...

Penipuan Mengatasnamakan Pengobatan Ida Dayak

Ponorogo - Ramai menjadi perbincangan warganet di Ponorogo bawasanya...