UncategorizedDampak Naiknya Harga Minyak Dunia Bagi Jawa Timur

Dampak Naiknya Harga Minyak Dunia Bagi Jawa Timur

Date:

Surabaya – Pakar Ekonomi Universitas Surabaya (Ubaya) Bambang Budiarto menyebut kenaikan harga minyak dunia akan berdampak pada ekonomi dan sosial. Setidaknya ada 5 dampak pada Indonesia, termasuk Jawa Timur.

Adapun kelima dampak ekonomi dan sosial tersebut adalah inflasi, biaya impor meninggi, subsidi energi naik tinggi, bertambahnya biaya transportasi, dan ketidakpastian ekonomi. Sekretaris Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Surabaya itu juga menjelaskan, bahwa pergerakan keseluruhan indikator itu pada gilirannya secara makro tentu akan mengganggu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Meski begitu, hal yang perlu digarisbawahi adalah adanya perubahan harga minyak dunia tidak hanya berdampak negatif tetapi juga memiliki sejumlah dampak positif, seperti peningkatan pendapatan ekspor bagi negara produsen minyak.

Di sisi lain, masyarakat Indonesia khususnya di Jawa Timur dinilai Bambang sudah ‘berdamai’ dalam berbagai situasi makro yang kerap tidak pasti itu. Sebab, sering terjadinya naik turun harga minyak dunia membuat masyarakat sudah teruji dalam berbagai situasi.

Oleh karena itu, penting bagi pemerintah untuk berhati-hati dalam mengambil sebuah keputusan ekonomi, termasuk dalam berkonsumsi, utamanya atas barang-barang yang bersinggungan dengan keberadaan minyak. ( Fm/jatimnow )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 5 =

Share post:

Artikel Menarik

Artikel Terkait
Related

Warga Temon Sawoo Berjuang untuk Akses Air Bersih di Musim Kemarau

Ponorogo - Kondisi di kawasan Jalan Bayang Kaki, Desa Temon,...

Operasi Zebra Semeru 2024 di Ponorogo, Pengendara Tertib Dapat Reward

Ponorogo - Satlantas Polres Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk...

Kemenag Pastikan Tidak Ada Larangan Pernikahan di Hari Libur: Penghulu Siap Layani di Lokasi Pilihan

Ponorogo - Kementerian Agama (Kemenag) mengklarifikasi bahwa tidak ada...

MTSN 2 Ponorogo Sabet Prestasi di Kejuaraan Lomba PBB Tingkat SMP Sederajat

Ponorogo - Pada Upacara peringatan HUT TNI ke-79 yang...